call center


Call center, pekerjaan yg mengasikkan dan tdk mengasikkan. Pertamanya saya bangga sekali saat aku menjadi salah satu peserta pelamar kerja yang diterima disebuah perusahaan outserching yang ditempatkan disebuah bank di jakarta pusat. Apalagi saya yang baru lulus kuliah dan mendapat tawaran kerja di bank. Betapa senangnya, walaupun saya tidak tahu persis apa deskripsi pekerjaanku. Hari-hariku ku jalani sebagai agent call center kartu kredit salah satu bank yang ada di indonesia. Saya jadi mengerti cara kerja bank dan informasi tentang kartu kredit karena saya sangat buta dengan kartu kredit.
Pekerjaanku menerima telpon dari setiap telpon yang masuk, membuat laporan, memberikan informasi, membuat permintaan dan bahkan mengatasi komplain dari nasabah. Pekerjaan yang menguras pikiran dan suara. Mengasikkan karena ada banyak sekali karakter manusia yang saya hadapi dalam berkomunikasi lewat telpon. Ada yang baik sekali, baik, ramah, cerewet, sok tau, marah2, pinter dan masih banyak lagi. Saya menikmati pkerjaan itu karena tanpa saya sadari ini melatih saya untuk berkomunikasi dengan orang banyak dengan sikap yang baik ramah dan pintar. Apalagi jika yang menelpon adalah nasabah yang mau mengerti dan tau persis cara kerja kami karena dapat membantu para agent menjelaskannya tidak susah. Kami disebut sebagai agent, ditempat saya ada sekitar 60 agent call center. Saya sebel dan kesel kalo ada nasabah yang susah banget mengertinya dan sok tau, pada hal mereka juga tdk terlalu mengerti hingga bicaranya sampai 30 menitan.. huft.. itulah yang ga enaknya, apalagi system dalam bank tersebut yang terkesan menghambat penyelesaian dari kasus-kasus yang ada. Kalo melihat ekspresi teman2 saat online bawaannya pengen ketawa, ada yang sibuk memberihkan mejanya sambil OL, tidur saat dimarahi nasabah, gebuk2 meja, ngaca, dandan, ngobrol dgn teman sebelah, marah balik ke nasabah bahkan ada yang nangis.. ekspresi yang setiap hari terlihat di ruangan.hehe.. lucu2 banget dech..
Yang membuat saya betah adalah teman-teman yang begitu dekat dengan rasa kekeluargaan dan saling membantu. Sayangnya saya tidak bertahan lama dikarenakan ada pekerjaan lain yang lebih baik bagi saya. Hari terakhir saya di banjari dengan tangisan, saya yang lemah, rapuh dan tidak kuat menahan air mata dengan meminta maaf pada teman2, supervisor, OB dan karyawan bank yang saya kenal. Perpisahan yang mengharukan dan membuat saya terkesan karena mereka begitu menyayangiku. Manusia akan terasa kehilangan sekali saat orang yang disayanginya pergi.. hidup call center, teruskan perjuanganmu Teman….!!!!!!!!!!!!!

5 Comments (+add yours?)

  1. Arie Kota Gayo
    Jul 10, 2014 @ 07:17:59

    tulisan yg bermanfaat, thanks

    Reply

  2. nurul
    Apr 08, 2013 @ 12:29:08

    ADUHH…….kayanya enak ne…soalnya aq juga di panggil buat interview juga di slah 1 bank…aq mau tanya kalau interview di bank biasanya gmn….?

    Reply

    • rhinie
      Apr 22, 2013 @ 12:02:50

      waktu itu saat saya interview untuk posisi call center ditanya seputar kepribadian saya dengan menggunakan bahasa inggris selebihnya biasa ajah yg kita tau tentang call center itu apa dah gitu ajah. ga susah koq, yg penting intinya kita mau belajar.. ^^,

      Reply

  3. kikakirana
    Jul 16, 2010 @ 12:40:15

    keren ya🙂
    QK juga pengen donk jadi call center…
    cari kerjaan susah bener…😦
    sudah hampir setahun sejak QK lulus kuliah ‘n sampe sekarang masih nganggur juga hehehe:mrgreen:

    deuch jadi sedih klo inget nya🙂
    btw, thanz dah mau mampir ke catatan-nya kika ya ^_^
    mari berkawan…

    HIDUP!!! ^_^

    Reply

    • berbagitulisan
      Jul 16, 2010 @ 13:11:13

      intinya kerja apapun yang penting halal pasti keren dah…
      jgn milih2 karena sesuatu yg kita anggep baik, belum tentu bagi Nya. karena rezeki Allah yg Mengaturnya.. sabar ajah ntar juga ada koq..hehe

      sama2 yah.. mari berkawan… salam yg selalu QK ucapkan “HIDUP!!!” hehe ikut2an…

      Reply

Leave a Reply

